RING PISTON AUS/SALAH
PASANG dan BLOK SILINDER AUS
Sebelum
kita masuk ke materi ini, kita lihat gejala-gejala atau tanda dari ring piston yang aus pada sepeda motor. Gejalanya yaitu sebagai berikut :
- Knalpot keluar asap putih
- Suara mesin kasar (ngoklok)
- Mesin tidak bisa stasioner
Kejadian diatas merupakan tanda
dari ring piston aus/salah pasang dan blok silinder aus, langsung saja berikut
cara pengecekannya :
Langkahnya :
1.
Melepaskan kepala silinder

Lepaskan baut dan pemegang tutup
depan

mesin, cincin, dan roda pembimbing.
Lepaskan baut pemasangan dan silinder.

-
Cincin-O
-
Gasket
- Pin-pin dowel
2.
Melepaskan Piston

CATATAN
Jangan sampai klip-klip pin
piston jatuh ke dalam bak mesin.
Tekan pin torak keluar dari torak dan lepaskan piston.

CATATAN
Hati-hati jangan sampai
merusak cincin piston
selama pelepasannya.
Note : Setiap motor berbeda untuk cara pelepsannya
3.
Pemeriksaan Blok Silinder

keausan.
Ukur
di tiga tempat dan catat hasil ukur maksimalnya .
BATAS
SERVIS : 47,5 mm

ketinggian
pada poros x dan y. Ambil pembacaan
maksimum
untuk menentukan ketiganya.
BATAS
SERVIS
Ketirusan
: 0,10 mm
Kesimetrisan : 0,10 mm
Note : Jika kurang paham cara ukurnya klik disini !
Jika hasil ukur kurang dari batas servis, silinder harus
dibubut atau di Over Size.
OS : 0,25mm - 0,50mm - 0,75mm - 1,00mm
Jarak kerenggangan antara silinder dengan torak
untuk
torak oversize harus 0,010 - 0,040 mm.

perubahan
bentuk.
BATAS SERVIS : 0,05 mm
No comments:
Post a Comment